Tips Dan Contoh Desain Rumah Petak Di Lahan Sempit

Posted on

Jika anda tinggal di perkotaan yang padat penduduk dan banyak pendatang dari daerah lain, pastinya anda tidak akan asing lagi dengan pemadangan rumah petak yang sering terlihat di tengah tengah perkotaan.

Ya, rumah petak memang merupakan bisnis yang bisa di bilang menjanjikan untuk kota dengan pendatang yang melimpah. Sehingga banyak pembisnis yang mencoba mengadukan keberuntungannya di bidang proferti yang satu ini.

Rumah petak itu sendiri adalah rumah yang di bangun secara berderet dengan salah satu dindingnya yang menempel satu sama lain. Rumah petak ini dibangun untuk di kontrakan yang biasanya banyak di minati oleh kaum karyawan dan pasangan yang telah menikah.

Selain lebih hemat, rumah petak juga lebih memiliki privacy jika dibandingkan dengan kost-an yang memang berada dalam satu rumah dengan kamar yang berderet.

Sebagai kotribusi rumah masa depan kepada pembaca, kali ini admin akan memberikan tips dan contoh desain rumah petak dengan laham minim yang tentunya banyak di incar oleh para pengontrak. Bagaimana caranya ? semuanya akan terjawab jelas setelah anda membaca artikel ini hingga selesai.

Tips jitu mendesain rumah petak di lahan yang sempit

Membangun rumah petak dengan desain yang di sesuaikan dengan keinginan para pengontrak adalah hal yang sangat penting anda perhatikan saat pertama kali menentukan desain rumah petak anda.

Namun, selain itu ketersediaan lahan juga harus anda perhatikan. Mungkin bagi anda yang memiliki lahan cukup luas hal ini tidak akan menjadi masalah besar. Tapi, untuk anda yang memiliki lahan dengan ukuran yang minim tentunya akan sedikit sulit.

Memutar ide untuk menjadikan rumah petak yang nyaman, memiliki fasilitas lengkap, dan layak tinggal di lahan yang sempit sepertinya tidak akan mudah. Berikut ini adalah tips dan trik mendesain rumah petak di lahan sempit :

1. Menbangun rumah petak 2 lantai

Menbangun rumah petak 2 lantai
Tips pertama yang bisa kamu gunakan adalah dengan membangun rumah petak 2 lantai. Hal ini akan sangat membantu anda yang memiliki lahan sempit. Anda bisa memiliki lebih banyak rumah petak meski dalam lahan yang sempit.

Meski pun dalam pembangunannya mungkin akan membutuhkan biaya yang lebih besar, namun hal ini akan sebanding dengan pendapatan anda nantinya. Karena anda memiliki lebih banyak deretan rumah petak dan peluang mendapatkan pengontarak yang lebih banyak pun pastinya bisa anda banyangkan.

2. Berikan fasilitas lengkap namun tetap hemat lahan

kelengkapan fasilitas rumah petakrum
Sebagai rumah petak yang di dedikasikan untuk para pendatang yang mecari rumah tinggal sementara, tentunya anda harus memberikan fasilitas lengkap serta kenyaman yang berkualitas sehingga para pengontak pun bisa betah dan enggan untuk pindah ke tempat lain.

Fasilitas yang tentunya harus ada dalam setiap rumah petak adalah ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi dan dapur. untuk menghemat lahan, anda dapat menjadikan 1 ruangan yang berfungsi untuk ruang tamu sekaligus ruang keluarga.

Sedangkan untuk kamar mandi bisa anda tempatkan di dapur. berikan penerangan listrik dan kapasitas air yang cukup supaya pengontrak pun betah untuk tinggal lama di rumah petak yang anda sediakan.

3. Jaga kebersihan dan kenyamanan

Jaga kebersihan dan kenyamanan
Meski pun berada di lahan yang sempit, jangan biarkan rumah petak anda berubah menjadi rumah petak kumuh dan tidak nyaman untuk di tinggali. Jaga kebersihannya dengan mengirim petugas kebersihan untuk sekedar mengangkut sampah rumah tangga dari lokasi.

Selain itu, untuk kenyamanan perhatiakan juga cat rumah yang menempel di dinding rumah petak anda. Segera ganti jika telah terlihat kumuh.

Contoh desain rumah petak dilahan sempit

Setelah mengetahu tips dan triknya, tentunya anda juga penasaran dengan contoh desain rumah petak untuk lahan yang sempit. Pemberian contoh ini sebagai gambaran kepada anda yang sedang mencari ide untuk desain rumah petaknya.
Berikut ini adalah contoh desain rumah petak untuk lahan sempit yang bisa admin rekomendasikan :

1. Rumah petak minimalis 2 lantai

desain rumah petak minimalis 2 lantai
Rumah petak dengan konsep minimalis ini adalah jenis rumah petak yang sedang banyak di cari oleh para pengontrak. Gaya minimalis yang menampilkan desain simple namun tetap modern akan menjauhkan rumah petak dari desain kuno dan kumuh.

Pemilihan warna cat dalam desain rumah petak harus di sesauikan. Pilih warna warna cerah untuk memberikan kesan luas misalnya putih, kuning atau pun abu muda. Selain itu, pemberian pagar di halamannya juga sangat di perlukan untuk memberikan pripacy kepada pengontrak.

Pembangunan yang di buat 2 tingkat sengaja di buat untuk mensiasati lahan yang sempit. Dengan begitu, anda akan tetap memiliki banyak rumah petak meski di lahan yang tidak terlalu luas.

2. Rumah petak sederhana

rumah petak sederhana
Karena lahannya yang sempit, membangun rumah petak dengan desain dan konsep sederhana sepertinya akan menjadi pilihan yang sangat tepat. Dengan desain rumah petak sederhana, lahan sempit yang anda miliki akan berubah menjadi rumah petak yang nyaman dan betah untuk di tinggali.

Konsep sederhana bisa anda lihat dalam contoh di atas terlihat dari desainnya yang jauh dari kemewahan. Jangan lupa untuk menjaga kebersihannya sehingga meskipun sederhana rumah petak anda akan tetap memberikan kenyamanan.

Itulah sedikit penjelasan tentang tips dan contoh desain rumah petak untuk lahan yang sempit. Semoga bermanfaat untuk anda yang sedang mencari ide usaha dalam bidang rumah petak. Ingat ! tipsnya anda hanya butuh memberikan kenyamanan yang di butuhkan pengontrak. Selamat mencoba

Gravatar Image

Saya adalah seorang Blogger dan Internet Marketing yang lumayan pemalas tapi pengen sukses.

Udah gitu aja… :D

One thought on “Tips Dan Contoh Desain Rumah Petak Di Lahan Sempit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *